10 Jenis Yoga Ini Banyak Manfaatnya

Siapa sih yang tidak tahu yoga? Salah satu kebugaran tubuh yang bisa dilakukan di berbagai tempat datar ini menjadi gaya hidup modern yang kaya akan manfaatnya. Mungkin untuk sebagian orang yang asing dengan yoga akan menganggap sepele tentang olah tubuh ini. Padahal yoga memiliki jenis yang banyak bahkan manfaatnya.

Yoga Tidak Hanya Sekedar Senam

Tak sedikit diantara kita yang menganggap bahwa yoga merupakan olah tubuh seperti senam. Nyatanya yoga ini jauh lebih dalam dibandingkan senam. Anda tak perlu menghafalkan gerak dan ritme seperti apa yang ada pada senam. Meskipun sama-sama olah tubuh, yoga hanya memerlukan fokus dan ketenangan yang tinggi dibandingkan senam. Tak heran bila yoga memiliki banyak jenisnya.

Berbicara mengenai yoga, apakah Anda pernah melakukan olah tubuh seperti yoga? Yoga seperti apa yang pernah Anda lakukan? Ada banyak jenis yoga yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat memaksimalkan olah tubuh. Tentu Anda juga tidak akan merasa bosan jika mencoba berbagai jenis yoga. Berikut 10 yoga beserta manfaatnya yang dapat Anda lakukan dan juga kita harus menjaga pola makan dengan benar.

10 Yoga Beserta Manfaatnya

  1. Yoga Prenatal

Anda pasti tidak akan asing dengan istilah prenatal, ‘kan? Nah yoga prenatal ini sangat cocok bagi Anda yang sedang hamil. Mengapa begitu? Karena yoga jenis ini memang khusus dilakukan bagi Anda yang sedang hamil. Jika Anda melakukan yoga ini, Anda akan terlatih dalam mengatur sistem pernapasan Anda. Rasa sakit ketika hamil juga bisa hilang dengan melakukan yoga ini. Bahkan Anda akan memiliki kekuatan yang bagus untuk persiapan melahirkan nanti. Pastinya Anda juga akan mudah dalam melahirkan. Selain untuk kehamilan, Anda juga tidak akan mudah stres karena melakukan proses meditasi. Bayi Anda akan semakin sehat jika melakukan yoga prenatal ini.

  1. Yoga Ashtanga

Yoga yang satu ini berkembang dari ajaran kuno serta memiliki gerakan dan tingkat kefokusan yang tinggi. Setiap gerakan yang Anda lakukan selalu memerlukan tarikan napas yang panjang. Bahkan gerakan pada yoga ini dilakukan terus-menerus tanpa henti. Yoga ini bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas karena memusatkan pikiran Anda.

  1. Yoga Anusara

Yoga ini biasanya disebut sebagai yoga Iyengar. Yoga ini menggunakan bantuan beberapa alat seperti tali dan balok. Untuk kelas pemula sebaiknya mencoba yoga Anusara karena gerakan lebih mudah dilakukan. Sedangkan pada yoga iyengar, beberapa gerakan cenderung dilakukan dengan lambat dalam tempo yang lama.

  1. Yoga Bikram

Yoga Bikram merupakan yoga yang dilakukan di ruangan yang memiliki suhu sekitar 35 hingga 37 derajat celcius. Tak heran bila yoga ini juga disebut sebagai Hot Yoga. Yoga ini memiliki berbagai variasi rangkaian pose. Biasanya ada 26 rangkaian pose yang bisa Anda lakukan dalam melakukan satu kali yoga ini. Lalu apa manfaat dari yoga ini? Pemanasan yang terjadi itu dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau istilah kerennya detoksifikasi. Bagi Anda yang merasa memiliki banyak racun di tubuh seperti ditandai dengan mudah sakit, lesu, gangguan pencernaan, atau lainnya bisa melakukan yoga ini secara berkala bahkan teratur agar racun-racun di tubuh keluar dengan mudah.

  1. Yoga Hatha

Yoga hatha ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula. Hal ini dikarenakan orang yang melakukannya dapat menentukan gerakan dan kecepatan dalam yoga secara mandiri. Tentunya gerakan yang digunakan juga merupakan gerakan yang mendasar. Tak heran jika para pemula sangat cocok menerapkan yoga ini.

  1. Yoga Kundalini

Jika yoga-yoga yang lain dilakukan untuk melakukan ketenangan pikiran bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh, maka berbeda dengan yoga yang satu ini. Yoga Kundalini merupakan yoga yang dilakukan sebagai upaya filosofis dalam mengatasi kesadaran pikiran. Selain itu juga berguna sebagai pendekatan spiritual. Tak heran jika Kundalini akan membuat energi seseorang menjadi lebih fresh karena proses meditasi yang dilakukannya.

  1. Yoga Vinyasa

Perlu diketahui bahwa sebenarnya yoga ini memiliki kesamaan dengan hatha dan ashtanga. Hal yang membedakan yakni yoga ini hanya mempunyai 12 gerakan dimana gerakan tersebut bisa memperkuat tubuh seseorang. Selain itu, yoga ini juga cocok bagi para pemula maupun yang sudah ahli.

  1. Yoga Power

Yoga power merupakan yoga yang sering dianggap mirip dengan gaya atletik. Hal ini dikarenakan proses yoga ini lebih menekankan dan berfokus pada kekuatan penggunaan otot. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang ramping dan kuat bisa mencoba yoga yang satu ini. Metabolisme di dalam tubuh Anda pasti akan berjalan dengan baik karena kalori dalam tubuh mudah terbakar.

  1. Yoga Restoratif

Bagi Anda yang mengalami cidera pada otot bahkan mengalami letih  maupun lesu, Anda dapat menerapkan yoga restoratif ini. Selain itu, yoga ini juga dapat menenangkan pikiran melalui gerakan-gerakan yang santai.

  1. Yoga Kripalu

Bagi Anda yang ingin menemukan jati diri Anda, mungkin Anda dapat melakukan yoga kripalu. Jati diri Anda akan mudah ditemukan melalui pengembangan diri seperti berbagai gerakan yang dapat terhubung ke tubuh Anda.

Demikianlah kesepuluh jenis yoga beserta manfaatnya yang bisa Anda praktikan. Tentunya Anda akan merasakan manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh bahkan menjaga pola pikiran agar tidak mudah stres. Yoga-yoga di atas juga bisa menjadi gaya hidup Anda yang lebih sehat dan pastinya akan awet muda. Buruan praktikan dan tak perlu menunda-nunda lagi!