Belmontcrit

Kuliah Sambil Kerja? Nih Perhatikan Dulu Hal Ini

Suka atau tidak dunia ketenagakerjaan di Indonesia memang berbasis tingkat pendidikan. Jenis pekerjaan sebagian besar di tentukan oleh seberapa jauh kita mengenyam pendidikan. Inilah yang menyebabkan instansi pendidikan tinggi tidak pernah sepi peminat. Meskipun tidak semua, persentase orang yang menempuh pendidikan tingkat universitas sangatlah besar. Lantas dengan persentase yang besar itu, apakah ini menjamin terbukanya lapangan kerja bagi semua? Seberapa banyak tempat kuliah langsung kerja terkecuali kuliah ikatan dinas?

Kuliah Sambil Kerja: Alternatif Minimnya Lapangan Pekerjaan Untuk Sarjana/Diploma

Di tengah polemik lapangan kerja yang makin sempit dan persaingan yang semakin keras untuk para lulusan pencari kerja, meniti karir saat masih menempuh pendidikan menjadi pilihan. Banyak mahasiswa yang akhirnya memilih untuk kuliah sambil bekerja. Umumnya, alasan mereka adalah meringankan beban orang tua untuk membiayai pendidikan mereka sendiri.

Di sisi lain hal ini merupakan alternatif atau batu loncatan bagi mereka yang merasa kelulusan tidak menjamin pekerjaan dan menggaris bawahi bahwa tempat kuliah langsung kerja tidaklah terlalu realistis dalam dunia pekerjaan di Indonesia.

Jika kamu merupakan salah satu dari mereka yang merasa bahwa kuliah sambil kerja merupakan alternatif yang menarik, sebelum memulai karirmu, simak dulu lima tips penting di bawah ini.

  1. Konsistensi

Hal pertama yang perlu diingat adalah konsistensi dirimu tentang keputusan yang kamu ambil ini. Berpikir matang dan yakin menjadi kunci keberhasilan kamu untuk memilih hal tersebut. Jangan mudah terombang-ambingkan seperti menyerah sebelum berusaha. Perlu dicatat bahwa kuliah sambil kerja bukan perihal gampang lho, kamu harus konsisten dengan kedua hal ini, jangan terus melepaskan salah satunya ya!

  1. Manajemen Waktu

Hal berikutnya yang kamu perlu ketahui sebelum kuliah sambil kerja adalah membagi waktu. Sekarang introspeksi diri kamu dulu, seberapa baikkah kamu dalam membagi waktumu untuk satu kegiatan dan kegiatan lainnya? Jika kamu masih sulit membagi waktu, kamu mesti membiasakan diri. Hal ini untuk melatih dirimu mempersiapkan waktu yang tepat untuk kuliah dan bekerja, bahkan jika keduanya kamu temui di hari dan waktu yang hampir bersamaan.

  1. Bidang Kerja

Umumnya tidak ada jaminan tempat kuliah langsung kerja tetapi bukan berarti kuliahmu dengan jurusan A atau B tidak berguna ya. Gunakan keahlian yang kamu dapatkan selama perkuliahan untuk mencari pekerjaan, usahakan cari bidang pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu pelajari. Selain itu, carilah pekerjaan paruh waktu, sehingga tidak menyita waktumu untuk kuliah.

  1. Freelance

Alternatif lain dalam memilih bidang pekerjaan adalah mencari kerja freelance. Ini memungkinkan kamu untuk lebih fleksibel dalam memilih waktu antara kuliah dan pekerjaan. Penghasilan dari kerja freelance memang tidak menentu, namun ini menjadi tolok ukur dan batu loncatanmu dalam meniti karir profesional di kemudian hari setelah lulus kuliah.

  1. Prioritas Kesehatan

Memutuskan untuk kuliah sambil bekerja sudah tentu memangkas energimu setiap hari. Tidak Cuma pikiranmu yang akan lelah, tubuhmu pun juga demikian. Meskipun kuliah sambil kerja sangat menyita waktu, jangan biarkan  aktivitas ini merusak kinerja fisikmu ya. Usahakan tetap terhidrasi, makan tepat waktu dan memilih makanan yang sehat dan sederhana seperti buah atau sayur. Selain itu usahakan berolahraga ringan beberapa kali dalam seminggu.

Nah, demikian diatas ulasan tentang tips menarik seputar kuliah sambil kerja. Mencari pekerjaan memang tidak mudah ya, apalagi tidak ada  tempat kuliah langsung kerja yang menjamin karirmu mulus pasca kelulusan. Tetapi, jangan pernah menyerah karena selalu ada celah untuk menemukan pekerjaan yang kamu suka.